Penyebab dan Ciri – Ciri Motherboard Laptop Rusak

Penyebab dan Ciri – Ciri Motherboard Laptop Rusak– Laptop merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi sebagian kalangan masyarakat, terutama bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian skripsi. Salah satu masalah yang sangat dikhawatirkan terjadi adalah ketika terjadi kerusakan pada motherboard atau mainboard.

Namun, sebagian besar siswa mungkin terkadang tidak mengetahui Ciri – Ciri Motherboard Laptop Rusak. Karena komponen ini sangat vital selain menjadi tempat pemasangan hardware pada laptop juga memiliki harga yang paling mahal dibandingkan dengan komponen lain dalam satu rangkaian. dari laptop atau komputer.

Jadi alangkah baiknya sebelum terjadi kerusakan pada motherboard, kita harus mengetahui cara mencegah dan mengatasinya. Namun pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa ciri-ciri yang terjadi  sebagai berikut: Dikutip dari Merpati77

Terjadi panas berlebih di awal pengaktifan

Hal yang tidak biasa yang terjadi pada saat motherboard laptop atau komputer bermasalah adalah adanya kondisi panas yang berlebihan padahal laptop baru saja dinyalakan, sedangkan pada laptop biasa akan terasa panas jika sudah lama beroperasi lebih dari 2 jam.

Maka dari itu, kita perlu mengantisipasi masalah ini sebelum terjadi kerusakan yang lebih serius, dengan cara membuka laptop dan membersihkan bagian dalamnya terutama motherboard. Penyebabnya, biasanya motherboard mengalami kerusakan pada letak di sekitar IC chipset dan juga IC psu (power supply), sehingga dapat menyebabkan chipset dan komponen menjadi panas.

Cara memeriksa:

Untuk mengetes, apakah benar terjadi kerusakan pada motherboard, anda harus membongkar komputer, kemudian membersihkan motherboard dan memastikan semua komponen sudah terpasang dengan benar pada socketnya.

Setelah melakukan konfirmasi ini, namun permasalahan yang muncul masih sama, terutama panas di area chipset, dipastikan motherboard anda mengalami masalah dan anda harus segera berkonsultasi ke service center.

Masalah dengan BIOS

Kemudian bisa juga terjadi pada BIOS. BIOS memang sangat berpengaruh terhadap kinerja motherboard laptop atau komputer. Ada beberapa kriteria masalah pada BIOS yang menandakan kerusakan pada motherboard, seperti:

  • Tidak bisa masuk ke BIOS
  • Itu berhenti di menu BIOS, dan tidak masuk ke Sistem Operasi
  • Komputer menyala, tetapi menu BIOS tidak muncul
  • Hanya logo BIOS yang muncul, dll
  • Prosesor terlalu panas
  • Kerusakan pada bagian IC, seperti IC yang terbakar
  • Catu daya yang berlebihan atau tidak mencukupi

Komputer sering mati sendiri

Berikut beberapa penyebab motherboard rusak:

  • Prosesor terlalu panas
  • Kerusakan pada bagian IC, seperti IC yang terbakar
  • Catu daya yang berlebihan atau tidak mencukupi

Demikian penjelasan dari saya tentang Penyebab dan Ciri – Ciri Motherboard Laptop Rusak semoga bermanfaat, terimakasih.

 

Leave a Comment

toto23 login situs ying77 slot gacor https://ladang.smkn1cianjur.sch.id/ https://slot88.smkn1cianjur.sch.id/ https://idn.smkn1cianjur.sch.id/ slot777